Desain Partisipasi Masyarakat Dalam Pemantauan Pemilu

Fadli Ramadhanil dan kawan-kawan dalam kajian ini memberikan beberapa tawaran yang sudah dicoba dilakukan oleh beberapa kelompok masyarakat sipil pada Pemilu 2014 yang lalu. Inovasi pemantauan dengan menggunakan teknologi informasi, diyakini dapat menjawab beberapa tantangan dalam melakukan pemantauan pemilu ke depan. Oleh sebab itu, kajian desain partisipasi masyarakat ini, menurut saya, penting untuk dijadikan referensi, terutama oleh para pembentuk undangundang, yang akan mendesain regulasi pemilu “baru” dalam bingkai pemilu serentak pada tahun 2019.

Kajian yang dilaksanakan oleh tim peneliti Perludem, bersamaan dengan kajian “Potret Partisipasi Organisasi Masyarkat Sipil dalam Pemantauan Pemilu”, merupakan dua referensi riset penting ke depan dalam menjawab persoalan yang tersisa, terkait partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu agar dapat diselesaikan.
Atas nama Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Fadli Ramadhanil, Veri Junaidi, dan Ibrohim yang telah menyelesaikan kajian Desain Partisipasi Masyarakat dalam Pemantauan Pemilu. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kemitraan – Partnership for Governance Reform yang mendukung terlaksananya kajian ini. Selamat membaca.

Jakarta, Juni 2015

Titi Anggraini
Direktur Eksekutif Perludem

Download Attachments

File Downloads
pdf Desain partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu 1453