ICW dan Perludem Buka Posko Pelaporan Rekam Jejak Calon Anggota KPU-Bawaslu

Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) membuka posko pelaporan rekam jejak calon anggota KPU dan Bawaslu. Posko ini merupaka ini merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan komisioner KPU dan Bawaslu periode 2017-2022.

“Kita mengajak peran serta atau partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan komisioner KPU dan Bawaslu dengan mengajak mereka memberikan informasi terkait rekam jejak para calon melalui posko yang kami bentuk,” ujar peneliti ICW Donal Faridz, di Jakarta, Sabtu (24/12).

Donal mengatakan bahwa kualitas penyelenggaraan pemilu, salah satunya ditentukan oleh kualitas penyelenggaranya. Karena itu, ICW-Perludem, kata dia, berharap proses seleksi pimpinan KPU dan Bawaslu bisa menghasilkan pimpinan yang berkualitas dan berintegritas.

“Kami berkomitmen untuk melihat rekam jekak calon anggota Bawaslu dan KPU,” tandas dia.

Donal mengatakan bahwa sekretariat posko berada di Sekretariat ICW di Jalan Kalibata Timur IVD nomor 6, Jakarta Selatan. Masyarakat, kata dia, dapat mengirimkan laporannya alamat tersebut.

Selain itu, masyarakat juga dapat melaporkan melalui alamat surel rekamjejak@antikorupsi.org atau melalui narahubung
(021)7901885/(021)7994015. Publik pun dapat mengirimkan langsung laporan tersebut kepada Timsel KPU-Bawaslu.

Laporan harus disertai dokumen pendukung serta indentitas pelapor. Laporan itu bisa dikirimkan kepada Timsel melalui Sekretariat Timsel di Gedung F Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri. Atau juga dapat mengirimkan melalui surel di alamat settimsel.2016@gmail.com.

Yustinus Paat/WM

BeritaSatu.com

http://www.beritasatu.com/politik/406249-icw-dan-perludem-buka-posko-pelaporan-rekam-jejak-calon-anggota-kpubawaslu.html