Perludem Sebut Reformasi Partai Harus Jadi Prioritas DPR 2019-2024

tirto.id – Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil mengatakan DPR RI hasil pemilu, atau periode 2019-2024, harus menjadikan reformasi partai politik sebagai agenda prioritas.

Menurut Fadli, mayoritas partai politik hari ini masih dikuasai oleh oligarki dan para pemilik modal sehingga reformasi regulasi terkait sistem kepartaian penting segera dijalankan.

“Soal agenda reformasi partai politik misalnya, kenapa partai politik itu masih dikuasai oleh para oligarkh dan para pemodal? Dan tidak ada lagi demokrasi di internal partai,” kata Fadli saat ditemui usai diskusi di kantor LBH Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019).

“Itu adalah problem dasar dalam demokrasi Indonesia, paling tidak dalam 10-15 tahun terakhir,” dia menambahkan.

Fadli menilai elite partai politik di Indonesia selama ini berulang kali mengubah sistem pemilu, namun tak pernah melakukan pembenahan di internal partainya.

“Bagaimana membangun partai yang demokratis, transparan, dan partisipatif? Hampir semua partai politik itu dikuasai hanya dua atau tiga orang. Itu yang harus dibicarakan ke depan,” kata dia.

“Siapa pun anggota DPR RI, ini harus jadi prioritas paling atas,” tambah dia.

Sumber: https://tirto.id/perludem-sebut-reformasi-partai-harus-jadi-prioritas-dpr-2019-2024-dnA8.