FAQ Apps Challenge Pilgub Jateng 2018

Apa yang Anda ketahui tentang Apps Challenge?

Apps Challenge adalah sebuah perlombaan dimana para programmer komputer dan orang-orang yang berkecimpung di dunia pengembangan perangkat lunak (software), termasuk desainer, manajer proyek dan interface, berkolaborasi secara intensif untuk proyek software.

Apakah Bedanya Apps Challenge dengan Hackathon

Perbedaan Apps Challenge dan Hackathon adalah konsep acaranya.. Apps Challenge adalah perlombaan yang menggunakan sistem para peserta diberikan waktu terlebih dahulu untuk mengerjakannya, bisa seminggu atau lebih untuk mengerjakan aplikasi, selanjutnya akan dilakukan seleksi, peserta terpilih (shortlisted) akan diundang untuk dating pada acara final untuk proses pitching/presentasi dan finalisasi apps tersebut. Sedangkan Hackathon perlombaan yang menggunakan sistem para peserta diadu untuk membuat aplikasi selama 24 jam, dimulai dari pagi hari hingga pagi hari berikutnya, penilaian dan pitching/presentasi akan dilaksanakan siang pada hari berikutnya.

Apa tujuan dari penyelenggaran Apps Challenge Pilgub Jateng 2018?

Tujuan dari Pilkada Jateng Apps Challenge ini menyambut pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi jawa tengah yang dilaksanakan pada tangal 27 Juni 2018. Inti dalam kegiatan ini adalah mengembangkan aplikasi yang mendukung pendidikan dan informasi pemilih di Pilgub Jawa Tengah. Kegiatan pembuatan aplikasi ini juga terkait dengan dukungan Perludem dan KPU terhadap Open Government Partnership dan Open Data.

Apa saja kriteria penjuriaannya Apps Challenge Pilgub Jateng 2018?

Terdapat beberapa kriteria, antara lain desain dan kenyamanan pengguna, kompleksitas teknis, penggunaan API, keuntungan untuk pemilih/kesesuaian dengan tema/kategori, Nilai tambah (Edukasi tentang Tolak Politik Uang, Politik Identitas (SARA), isu HOAX) sesuai target, keberlangsungan dan keamanan.

Kategori dan Operating System yang dikompetisikan

Kategori:

  1. Umum -> Peserta diharuskan membuat aplikasi mengenai Pilgub Jateng 2018. Nilai tambah bagi aplikasi yang menyediakan fitur edukasi tentang tolak Politik Uang, Politik Identitas (SARA) dan isu hoax.
  2. Games -> Aplikasi berbentuk games yang dibuat se-menarik mungkin dan memberikan informasi dan pendidikan Pemilih pada Pilkada Jawa Tengah 2018

Operating System

  1. Android
  2. IOS
  3. Mobile WEB

(Tidak ada batasan untuk menggunakan bahasa pemograman apa saja dalam pembuatan aplikasi)

Jika saya masuk ketahap presentasi dan penjurian final, apakah biaya perjalanan saya dari rumah ke Semarang ditanggung oleh Penyelenggara?

Biaya perjalanan dan akomodasi peserta selama di Semarang, Jawa Tengah ditanggung sendiri oleh peserta lomba.

Jika saya memenangkan perlombaan ini, Apakah Aplikasi saya menjadi hak milik Penyellenggara Khususnya KPU Jawa Tengah.?

Ya, Seluruh Aplikasi Pemenang Menjadi Hak Milik KPU Provinsi Jawa Tengah.

Saya pemula dalam pembuatan aplikasi? Bolehkah saya ikut?

Boleh sekali, kami tidak menutup baik pemula maupun mahir, silahkan siapa saja berhak mengikuti perlombaan ini.

Jika anggota tim tidak dapat hadir dalam perlombaan apakah saya dapat diwakilkan?

Boleh sekali, para peserta dari luar kota atau luar negri dapat diwakilkan oleh anggota tim lainnya.

Ada beberapa data di API yang belum lengkap, kenapa?

Data di API terutama terkait pencalonan kami dapatkan dari website KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU RI yaitu https://infopemilu.kpu.go.id, https://jateng.kpu.go.id/.  jika tidak ada berarti data tersebut belum di upload ke web.silahkan komunikasikan kekurangan data tersebut ke email pilkadajatengchallenge@gmail.com / iyan@perludem.org dan kami akan periksa dan coba lengkapi kembali.