Memulai 2022: Tahun Awal Pemilu, Pandemi yang Belum Usai dan Trend Demokratisasi yang Menurun

Catatan Awal Tahun Perludem
Memulai 2022: Tahun Awal Pemilu, Pandemi yang Belum Usai dan Trend Demokratisasi yang Menurun

 

Dokumen ini adalah aktifitas tahunan yang selalu dilakukan oleh Perludem. Sebagai lembaga yang punya mandat untuk melakukan kajian dan advokasi untuk isu kepemiluan dan demokrasi, kami punya kewajiban untuk merefleksikan banyak peristiwa dan proyeksi atas isu-isu krusial demokrasi dan pemilu. Hal ini sedapat mungkin bisa menjadi pembelajaran bersama bagi setiap insan demokrasi di Indonesia.

Untuk bagian kepemiluan, Perludem selalu membagi isu pemilu kepada empat subjek utama. Pertama Sistem pemilu, kedua aktor pemilu, ketiga manajemen pemilu, dan keempat adalah penegakan hukum pemilu. Dimensi advokasi dan kajian Perludem, secara lembaga selalu berpijak pada empath al tersebut. Catatan ini, juga akan membagi banyak peristiwa kepemiluan dalam empat kelompok tersebut.

Hanya saja, sejak tahun 2018, Perludem juga mulai menginisiasi kajian, advokasi, dan pendidikan demokrasi dan kepemiluan untuk cakupan regional. Perludem bermitra dengan beberapa negara di regional, untuk bersama-sama saling memberikan pembelajaran, advokasi, dan kajian untuk penguatan demokrasi dan pemilu di wilayah kawasan. Oleh sebab itu, isu-isu perkembangan demokrasi regional, termasuk juga dinamika kepemiluan di tingkat regional menjadi salah satu aspek yang dikaji oleh Perludem.

Semoga ini bisa menjadi refleksi bersama, dan Perludem secara lembaga dapat terus berkontribusi untuk menjaga dan menguatkan pemilu dan demokrasi Kita.

Download Attachments

File Downloads
pdf Catatan Awal Tahun Perludem 2022+Cover 194
Related Posts