• Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read

Jakarta, CNN Indonesia — Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritik pertemuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar¬†alias Cak Imin bersama dengan 7 Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) 2022-2027.
Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati menilai pertemuan yang berlangsung sekitar dua hari lalu itu kurang sesuai dilakukan lantaran 12 orang tersebut belum dilantik untuk bertugas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo.

“Sebaiknya pertemuan seperti ini dilakukan jika sudah secara resmi dilantik. Hubungan kelembagaan baru terjadi jika sudah ada pelantikan secara resmi,” kata Khoirunnisa saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (13/3).

Khoirunnisa menilai, apabila ‘safari’ tersebut dilakukan oleh komisioner KPU maupun anggota Bawaslu, maka seharusnya tidak ke satu partai politik saja. Apalagi sebagian dari mereka ada yang masih menjabat sebagai anggota KPU atau Bawaslu provinsi.

Ia lantas khawatir pertemuan itu menimbulkan perdebatan baru atau wacana baru di masyarakat lantaran Cak Imin merupakan tokoh pertama yang vokal menyuarakan ide penundaan pemilu pada 2024 mendatang.

“Wacana seperti itu tidak bisa dihindari. Sehingga perlu dijelaskan pertemuan dalam kapasitas apa? karena mereka belum dilantik. Membahas apa? Itu perlu dijelaskan ke publik. Bahwa penyelenggara perlu memiliki relasi yang baik dengan peserta pemilu, tetapi sesuai dengan kapasitasnya,” ujarnya.

Cak Imin sebelumnya mengunggah sebuah foto di Instagram resmi miliknya (@cakiminow) pada Jumat (11/3) lalu. Dalam unggahan itu, terlihat Cak Imin dan 12 orang KPU-Bawaslu beserta 2 orang lainnya duduk dan foto bersama.

“Penting!. Kedatangan tamu-tamu penting, pengawal demokrasi yang fair adil dan akuntabel. Para anggota KPU dan Bawaslu, ada yang kenal?,” tulis Cak Imin dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (13/3).

Tujuh Komisioner KPU yang hadir yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sementara lima anggota Bawaslu yang juga hadir, Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Pertemuan itu dilakukan sebelum mereka dilantik secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Tenggat waktu pelantikan mereka adalah 11 April 2022 ketika anggota KPU-Bawaslu periode 2017-2022 telah berakhir masa baktinya.

 

Artikel ini telah tayang di Cnnindonesia.com dengan judul “Perludem Sentil Komisioner KPU-Bawaslu Jumpa Cak Imin Sebelum Dilantik”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220313145845-32-770592/perludem-sentil-komisioner-kpu-bawaslu-jumpa-cak-imin-sebelum-dilantik.