Perludem dan The International IDEA Meluncurkan Electoral Redistricting App (ERA)

Perludem dan The International IDEA Meluncurkan Electoral Redistricting App (ERA)

 

Rabu, 27 Juli 2022 bertempat di Jakarta, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dengan The International Institute for Democracy and Electoral Assistance (The International IDEA) meluncurkan Electoral Redistricting App atau ERA. Aplikasi berbasi perangkat lunak (software) ini merupakan perangkat teknologi universal yang sengaja di buat sebagai instrumen untuk membantu proses pembentukan daerah pemilihan (boundary delimitation) yang sesuai dengan standar dan prinsip universal pembentukan daerah pemilihan.

Dengan memanfatkaan aplikasi ERA ini diharapkan proses pembentukan daerah pemilihan dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Melalui penggunaan peta digital dan sistem informasi geografis (GIS), aplikasi ERA memandu penggunannya untuk membentuk daerah pemilihan sesuai dengan prinsip one person-one vote-one value (OPOVOV)/equal sufferage/equal population, contiguity, compactness, dan beberapa prinsip pembentukan daerah pemilihan lainnya. Lebih jauh, penggunaan ERA ini mendorong adanya proses pembentukan daerah pemilihan yang jauh lebih transparan, aksesibel, dan partisipatif dimana setiap orang bisa ikut terlibat menyaksikan serta memberikan masukan dalam proses pembentukan daerah pemilihan.

Pada sisi lain, aplikasi ERA berupaya membumikan topik pembentukan daerah pemilihan yang selama ini terbatas pada penyelenggara pemilu atau praktisi pemilu, menjadi diskursus yang lebih luas bagi siapapun yang memiliki ketertarikan pada isu tata kelola pemilu. Untuk itu paling tidak terdapat dua tujuan utama dari kehadiran aplikasi ERA ini yaitu: (1) Membuka ruang bagi siapapun untuk memahami dengan baik bagaimana proses pembentukan daerah pemilihan (boundary delimitation) di negaranya masing-masing; (2) Membuka ruang bagi siapapun untuk membuat daerah pemilihanya sendiri sesuai dengan prinsip-prinsip universal dan praktik baik di berbagai negara.

Electoral Redistricting App ini merupakan global tool yang dapat digunakan oleh siapapun dari negara manapun. Sehingga fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini didesain untuk memenuhi standar dan prinsip universal pembentukan daerah pemilihan. Setiap orang yang akan menggunakan aplikasi ERA diwajibkan memiliki dua data utama yakni: (1) Data shapefile yang berisikan data geospasial peta wilayah geografis dan atribut lainnya yang menjadi basis peta dasar dalam membentukan daerah pemilihan; (2) Data populasi dalam format csv untuk mengkalkulasikan besaran quota kursi di setiap wilayah administrasi dalam pembentukan daerah pemilihan.

Terdapat tiga fitur utama yang tersedia dalam Aplikasi ERA. Pertama, knowledge hub yang berupa portal informasi atau bahan bacaan mengenai teori dan praktik pembentukan daerah pemilihan yang disertai dengan studi kasus di beberapa negara. Kedua, ERA workshop yang berisikan aplikasi untuk membentuk daerah pemilihan yang tersedia dalam bentuk offline dan online. ERA workshop menyediakan beberapa fitur utama diantaran sebagai berikut:

  1. Parliamentary seat: fitur ini ditujukan untuk memasukan jumlah kursi parlemen dan besaran alokasi kursi di setiap daerah pemilihan (district magnitude) yang akan dibentuk;
  2. Standard deviation: fitur ini ditujukan untuk memberikan pengaturan batas toleransi deviasi dalam membentuk daerah pemilihan yang tujuannya untuk menjaga prinsip proporsionalitas pembentukan daerah pemilihan;
  3. Map overlay: sebagai fitur untuk memasukan detail tambahan dari peta wilayah seperti jalan raya, aliran sungai, danau, peggunungan, dan kontur geografis lain yang ditujukan untuk memudahkan pengguna ketika akan menggabungkan antar daerah untuk menjadi suatu daerah pemilihan dalam rangka memperhatikan prinsip contiguity;
  4. Pemberian nama dan warna daerah pemilihan yang sudah dibentuk oleh pengguna;
  5. Ringkasan detail daerah pemilihan yang berisikan: area, jumlah penduduk, quota kursi, alokasi kursi, dan sisa alokasi quota kursi;
  6. Menyimpan file pembentukan daerah pemilihan yang sudah di buat dalam format gejson dan pdf.

Ketiga, aplikasi ERA menyiapkan fitur map library dimana para pengguna yang ingin mempublikasikan hasil pembentukan daerah pemilihan dari aplikasi ERA dapat mengunggah ke dalam fitur map library untuk di lihat oleh siapapun yang ingin mengakses. Namun, publikasi hasil pembentukan daerah pemilihan ini tidak wajib dan bersifat sukarela.

Silahkan kunjungi halaman resmi The International IDEA https://www.idea.int/datatools/tools/electoralredistricting-app untuk mempelajari lebih jauh dan menggunakan ERA App.

 

Narahubung:
Khoirunnisa Nur Agustyati, Direktur Eksekutif Perludem, 08170021868
Heroik M Pratama, Peneliti Perludem, 087839377707

Related Posts