• Post author:
  • Post category:Publikasi
  • Reading time:2 mins read

Catatan awal tahun adalah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan oleh Perludem. Kegiatan ini adalah mandat lembaga yang melakukan riset dan advokasi pada isu pemilu dan demokrasi. Materi di dalam catatan ini adalah refleksi Perludem pada peristiwa atau kondisi kepemiluan dan demokrasi pada tahun yang sudah berlalu, serta proyeksi tahun berjalan terkait dengan tantangan di dalam penyelenggaraan pemilu dan demokrasi.

Di dalam Cawahu 2024 ini, Perludem kembalinya menjadi empat bagian utama: Pertama sistem pemilu, kedua aktor pemilu, ketiga manajemen pemilu, dan keempat penegakan hukum pemilu. Empat isu besar ini beranjak dari pembagian Perludem di dalam melakukan riset dan advokasi terkait pemilu dan demokrasi selama ini.

Tahun 2024 merupakan tahun penentuan. Selain merupakan tahun pelaksanaan pemilu, 2024 juga menjadi tahun penyelenggaraan pemilu yang penuh dengan kontroversi. Mulai dari kontroversi penyelenggara pemilu sampai kepada kontroversi dari peserta pemilu yang sangat mengkhawatirkan. Setiap isu yang dibahas di dalam catatan ini berisi catatan kritis atas fenomena demokrasi, lalu apa inisiatif dan langkah ke depan yang perlu dilakukan.

Catatan ini adalah komitmen kami di Perludem untuk terus berkontribusi menjaga demokrasi dan pemilu di Indonesia. Upaya mewujudkan demokratisasi di Indonesia mesti terus diupayakan. Tidak ada satupun pihak atau kelompok yang bisa menjamin. Demokrasi bisa diwujudkan tanpa terus untuk diupayakan.

Naskah lengkapnya bisa di unduh pada attachment dibawah.

Download Attachments